Page 54 - E-Module Cyber Security Final 2
P. 54
menggunakan alat penilaian. Setelah pemindaian selesai, temuan diurutkan berdasarkan
prioritasnya. Pada akhir fase ini, kerentanan laporan penilaian kerentanan menunjukkan
semua kerentanan yang terdeteksi, cakupannya, dan prioritasnya.
c) Penilaian Risiko
Penilaian Risiko mencakup cakupan kerentanan yang teridentifikasi ini dan dampaknya
dampaknya terhadap jaringan perusahaan atau organisasi.
d) Remediasi
Fase remediasi mencakup tindakan perbaikan untuk kerentanan yang terdeteksi
kerentanan yang terdeteksi ini. Kerentanan dengan prioritas tinggi ditangani terlebih
dahulu karena dapat menyebabkan dampak yang sangat besar.
e) Verifikasi
Fase verifikasi memastikan bahwa semua kerentanan dalam suatu lingkungan
dihilangkan.
f) Pemantauan
Fase pemantauan mencakup pemantauan lalu lintas jaringan dan system untuk
mengetahui adanya penyusupan lebih lanjut.
5) Solusi Penilaian Kerentanan
a) Pendekatan yang berbeda untuk Penilaian Kerentanan
Solusi Berbasis Produk Vs Solusi Berbasis Layanan
Solusi berbasis produk digunakan dalam jaringan perusahaan suatu organisasi atau
jaringan pribadi. Solusi ini biasanya untuk didedikasikan untuk jaringan internal (pribadi).
Solusi berbasis layanan adalah solusi pihak ketiga yang menawarkan keamanan dan audit
ke jaringan. Solusi ini dapat menjadi tuan rumah baik di dalam maupun di luar jaringan.
Karena solusi ini diizinkan untuk jaringan internal, maka risiko keamanan yang
dikompromikan.
Penilaian Berbasis Pohon Vs. Penilaian Berbasis Inferensi
Penilaian berbasis pohon adalah pendekatan penilaian di mana auditor mengikuti strategi
yang berbeda untuk setiap komponen lingkungan. Untuk Sebagai contoh, pertimbangkan
53