Page 70 - E-Module Cyber Security Final 2
P. 70
KEGIATAN BELAJAR 6
SOCIAL ENGINEERING
A. Tujuan Pembelajaran
Adapun tujuan pembelajaran pada kegiatan belajar 4 adalah sebagai berikut:
1. Melalui kegiatan membaca dan menyimak e-module mahasiswa mampu menjelaskan
tentang konsep konsep Rekayasa Sosial, Jenis serangan Rekayasa Sosial
2. Melalui kegiatan membaca dan menyimak e-module mahasiswa mampu mengetahui
teknik dan tools yang digunakan dalam melakukan rekayasa sosial.
3. Melalui kegiatan membaca dan menyimak e-module mahasiswa mampu menganggulangi
rekasaya sosial.
B. Uraian Materi
a. Konsep Social Engineering
Social Engineering merupakan tindakan mencuri informasi dari manusia. Karena tidak
berinteraksi dengan sistem atau jaringan target, serangan ini dianggap sebagai serangan non-
teknis. Social Engineering dianggap sebagai seni meyakinkan target untuk mengungkapkan
informasi. Ini mungkin berupa interaksi fisik satu lawan satu dengan target atau meyakinkan
target di platform apa pun seperti media sosial yang merupakan platform populer untuk
rekayasa sosial. Ini adalah fakta bahwa masyarakat ceroboh, atau tidak menyadari
pentingnya informasi berharga yang mereka miliki.
b. Kerentanan terhadap Serangan Rekayasa Sosial
Salah satu kerentanan utama yang menyebabkan serangan jenis ini adalah "Kepercayaan".
Pengguna mempercayai pengguna lain dan tidak mengamankan kredensial mereka dari
mereka. Hal ini dapat menyeChapterkan serangan oleh pengguna, sehingga orang kedua
dapat mengungkapkan informasi tersebut kepada orang ketiga.
Organisasi yang tidak menyadari serangan Rekayasa Sosial, serta tindakan pencegahan dan
penanggulangannya juga rentan terhadap serangan ini. Program pelatihan dan pendidikan
karyawan yang tidak memadai menciptakan kerentanan keamanan terhadap Rekayasa
Sosial. Setiap organisasi harus melatih karyawannya untuk mewaspadai rekayasa sosial.
69