Page 41 - E-Module Cyber Security Final 2
P. 41
mempermudah menemukan seseorang, mengenal seseorang, termasuk informasi dasar
pribadinya serta beberapa informasi sensitif juga. Fitur-fitur canggih pada situs jejaring
sosial tersebut juga memberikan informasi terkini. Contoh footprinting melalui situs
jejaring sosial adalah menemukan seseorang di Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram,
dan masih banyak lagi.
Jejaring Sosial tidak hanya merupakan sumber kegembiraan, tetapi juga menghubungkan
orang-orang secara pribadi, profesional, dan tradisional. Platform Jejaring Sosial dapat
memberikan informasi yang cukup tentang seseorang dengan mencari targetnya.
Mencari Jejaring Sosial untuk Orang atau organisasi membawa banyak informasi seperti
Foto target, informasi pribadi dan detail kontak, dll.
d. Footprinting melalui Websites
Footprinting Website mencakup pemantauan dan penyelidikan tentang situs web resmi
organisasi target untuk mendapatkan informasi seperti Perangkat Lunak yang berjalan,
versi perangkat lunak ini, sistem operasi, Sub-direktori, basis data, informasi skrip, dan
detail lainnya. Informasi ini dapat dikumpulkan melalui layanan online seperti yang
didefinisikan sebelumnya seperti www.netcraft.com atau dengan menggunakan
perangkat lunak seperti Burp Suite, Zaproxy, Website Informer, Firebug, dan lain-lain.
Alat-alat ini dapat memberikan informasi seperti jenis dan status koneksi serta informasi
modifikasi terakhir. Dengan mendapatkan informasi seperti ini, penyerang dapat
memeriksa kode sumber, detail pengembang, struktur sistem file, dan skrip.
e. Footprinting melalui Email
Email memegang peranan penting dalam menjalankan bisnis suatu organisasi. Email
adalah salah satu cara komunikasi profesional yang paling populer dan banyak digunakan
yang digunakan oleh setiap organisasi. Berkomunikasi dengan mitra, karyawan, pesaing,
kontraktor, dan jenis orang lain yang terlibat dalam menjalankan organisasi. Oleh karena
itu, konten atau isi Email sangat penting dan sangat berharga bagi penyerang. Konten ini
dapat mencakup informasi perangkat keras dan perangkat lunak, kredensial pengguna,
40